March 25, 2016

[Book Review] Marriage Disaster – Ayra

  • Judul : Marriage Disaster
  • Penulis : Ayra
  • Desain Cover : Chyntia Yanetha
  • Penata Isi : Sofi
  • Penerbit : Grasindo
  • Tebal : 232 hlm
  • Cetakan : Ke-1, Februari 2015
  • ISBN : 978-602-251-895-2

BLURB

Cho Kyu Hyun
"Selagi bumi berotasi mengelilingi matahari, selama itu pula Cho Kyu Hyun akan mengitari orbit Choi Hee Jin. Bahkan, jika seisi dunia berubah, cintaku tetap sama. Hanya untukmu, Choi Hee Jin."

Choi Hee Jin
"Karena keadilan itu tidak pernah mengenal darah, sebab keadilan itu adalah penyeimbang dunia, bahkan jika mereka yang bersalah adalah orang-orang yang kucintai,aku tidak akan goyah."

Kim Jae Joong
"Di dunia yang naif ini, aku tidak pernah ingin menjadi serakah untuk memilikinya. Jika dia bahagia bersamanya, meski hati ini remuk redam, aku akan merelakannya. Meski, aku juga tak akan pernah mampu menyingkir dari kehidupannya. Aku adalah rumah untuknya kembali pulang.."

Sebab, pernikahan tidak selalu menjadi muara terakhir dari sebuah kisah cinta. Dan, terkadang pernikahan adalah awal dari sebuah mimpi buruk yang tiada ujungnya.

REVIEW

Ketika seseorang dilimpahi kebahagiaan, kadang ia lupa bahwa bencana dapat berawal dari sukacita. —hlm.130

Choi Hee Jin merupakan salah seorang jaksa wanita yang cukup populer dan disegani di Kantor Kejaksaan Gangnam, Seoul. Meskipun umurnya masih terbilang muda, karirnya sendiri cukup sukses karena ia selalu berusaha untuk bersikap adil dalam menangani sebuah kasus sehingga makin melejitkan namanya. Cantik, jago beladiri dan menembak, membuatnya bagai seorang anggota Girl Band dengan banyak penggemar baik di kalangan kejaksaan maupun kepolisian.

Banyak orang yang mengira jika Hee Jin dan Kim Jae Joong berpacaran, mengingat seringnya mereka bersama dalam menangani kasus kejahatan. Bahkan, mereka juga digadang-gadang sebagai Angelina Jolie dan Brad Pitt dari institusi Kejaksaan. Sayangnya, Hee Jin hanya menganggap Jae Joong hanya sebagai kakak—seorang pelindung yang selalu ada untuknya. Karena Hee Jin sendiri telah mempunyai seorang kekasih bernama Cho Kyu Hyun—seorang pengusaha muda sukses yang selama enam bulan terakhir telah menjadi pacar rahasia Hee Jin.

Sudah sejak lama Kim Jae Joong mencintai Hee Jin. Namun cintanya selalu bertepuk sebelah tangan—dan bahkan Hee Jin pun tak pernah menyadari perasaan yang dimiliki Jae Joong. Walaupun tahu jika Jae Joong tak mungkin bisa memiliki Hee Jin, ia juga tak bisa mengeyahkan cinta yang dimilikinya. Jadi, meskipun ia harus menahan rasa sakit setiap melihat kebersamaan Hee Jin dan Kyu Hyun, Jae Joong akan tetap setia menyimpan perasaannya terhadap Hee Jin.

Meskipun telah menjadi yatim piatu sejak kecil, Cho Kyu Hyun nyatanya berhasil membuat dirinya menjadi salah seorang pengusaha sukses yang cukup berpengaruh di Korea Selatan. Usianya yang terbilang muda dan wajahnya yang tampan membuatnya punya banyak penggemar wanita. Hee Jin adalah satu-satunya wanita yang ia cintai dan paling berharga baginya. Dan Kyu Hyun tak akan segan-segan untuk menghancurkan siapa pun yang mengusik apa yang berarti bagi dirinya.

Hee Jin selama ini selalu menutupi hubungannya dengan Kyu Hyun karena ia takut kredibilitasnya sebagai jaksa akan dipertanyakan jika suatu saat nanti orang yang dekat dirinya tersandung sebuah masalah. Tapi saat Kyu Hyun akhirnya melamar Hee Jin, ia tak bisa lagi menyembunyikan hubungan mereka.

Di pesta pernikahan Hee Jin dan Kyu Hyun yang sedang berlangsung, terjadi sebuah kasus pembunuhan sadis yang melibatkan sebuah keluarga kaya dan cukup berpengaruh di Korea Selatan. Tak berhenti di situ, terjadi kasus pembunuhan lain yang tak kalah sadisnya—dan bahkan pemimpin Hee Jin pun menjadi salah satu korbannya. Tak ada petunjuk apa pun dari kasus pembunuhan berantai tersebut, hanya sebuah pesan kematian yang ditinggalkan para korban.

0221, sebuah pesan kematian yang mengarahkan pada tersangka yang ternyata selama ini menjadi orang terdekat Hee Jin. Sanggupkah Hee Jin mengadili orang yang begitu berharga bagi dirinya tersebut?

***

Pertama kali baca nama tokoh di dalam novel agak geli juga sih, mengingat banyak di antara mereka merupaka nama artis yang terkenal di KorSel sana. Aku agak curiga, jangan-jangan ini sebelumnya merupakan fanfiction sebelum naik cetak :D

Ide cerita yang diangkat cukup menarik, mengingatkanku pada cerita-cerita di drama Korea. Kesan thriler misteri yang dibangun pun cukup berhasil membuatku bertanya-tanya tentang siapa dalang pembunuhan sesungguhnya. Sayangnya, kurangnya adegan aksi saat penangkapan penjahat membuat anti klimaks cerita menjadi kurang berkesan.

Alur majunya begitu pas, tidak lambat maupun cepat membuat ceritanya begitu mengalir. Karakter-karakter di dalamnya yang terasa cukup hidup semakin mendukung alur cerita.Penggunaan sudut pandang orang ketiga pun berhasil menyampaikan bagaimana perasaan masing-masing karakter sebenarnya.

Bagi penggemar novel berbau Korea dengan bumbu campuran thriler misteri dengan sentuhan romansa Hee Jin dan Kyu Hyun, novel ini recomended banget untuk dibaca.

Overall, rating untuk cerita Marriage Disaster dariku

Karena cinta tidak dapat dipersalahkan. Manusia itu sendiri yang menjadikan cinta itu salah. Tapi, bahkan sebuah kesalahan pun akan memberikan sebuah pembelajaran hidup yang berharga. Sebab itu, ketika kau jatuh cinta pada orang yang salah, atau melakukan kesalahan dalam cinta, percayalah... kesalahan-kesalahan itu hanyalah jalan Tuhan untuk menunjukkan kebenaran yang hakiki dan memberi pengajaran menuju pendewasaan diri. —hlm. 232

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak, serta gunakan Nama/Url. Bukan menggunakan user Anonim. ^^