May 31, 2016

[Book Review] Rainbow of You – Indah Hanaco

  • Judul : Rainbow of You
  • Penulis : Indah Hanaco
  • Editor : Anin Patrajuangga
  • Desain Cover : Steffi
  • Penata Isi : Yusuf Pramono
  • Penerbit : Grasindo
  • Cetakan : ke-1, 2013
  • Tebal : 274 hlm
  • Harga : Rp 36.000 bukabuku.com
  • My Rate : 3/5 
"Bicara hati adalah bicara tentang riuhnya keajaiban. Lupakan segala logika dan akal sehat. Karena hati selalu mengeja dengan bahasanya sendiri."

Ryu punya mimpi paling murni tentang Robin. Mimpi yang terpelihara rapi selama dua belas tahun. Hingga Tuhan memberi kejutan yang tidak siap untuk dihadapi gadis itu. Enzo juga menyimpan mimpi-mimpinya di tempat rahasia. Berbeda dengan Ryu, Enzo tahu bagaimana caranya untuk mewujudkan mimpi itu. Meski tidak mudah.

Pipi semangka. Robin. Juliet. Ian Quintus. Lirik lagu. Satu per satu mendorong Ryu dan Enzo ke arah yang sama. Semuanya dilengkapi oleh ‘mantra’ yang diucapkan Ryu. Abrakadabra!

Sejak berumur 6 tahun Ryu telah mengagumi tetangga sebelah rumahnya yang bernama Robin. Robin yang penyayang, lembut dan selalu membela serta membantunya—bahkan melebihi kakak-kakaknya sendiri, membuat Ryu jatuh hati dan bahkan bercita-cita untuk menjadi istrinya saat dewasa kelak. Selama 12 tahun ia setia menunggu kepulangan Robin setelah tetangganya tersebut pindah ke London. Ia bahkan menolak banyak cowok yang naksir padanya demi menanti janji kepulangan Robin suatu saat nanti.

Enzo yang tengil dan sering jahil sering membuat Ryu uring-uringan—bahkan menangis—sejak kecil. Anak bungsu dari keluarga Macfadyen tersebut merupakan partner in crime Ken—kakak kedua Ryu. Karena itulah Ryu lebih nyaman berdekatan dengan Robin yang kalem dan sebisa mungkin menjauhi Enzo. 

Namun saat akhirnya Robin dan keluarganya pulang ke Medan, kenapa perasaan yang selama ini disimpannya dengan rapi mendadak lenyap begitu saja setelah melihat Robin dewasa tak sesuai harapannya? Dan kenapa kepada Enzo-lah jantung Ryu sering merasa heboh saat berdekatan dengannya? 

***
Menunggu selalu menyakitkan, terutama jika tidak tahu kapan bagian akhir akan menjelang. —hlm. 41

Ini pertama kalinya aku membaca karya Kak Indah. Jujur saja, aku lupa membaca sinopsisnya saat meminjamnya di iJak, sehingga aku benar-benar tidak tahu mau dibawa kemana hati Ryu sampai menjelang pertengahan buku.

Karakter-karakter di dalamnya cukup lovable dan sulit dilupakan—meskipun beberapa di antaranya hanya mendapat porsi sedikit di dalam cerita. Hmm... aku sendiri bingung harus menyukai atau tidak menyukai karakter Ryu di sini. Sebenarnya Ryu itu tipikal cewek kebanyakan. Yang membuatnya istimewa adalah rasa setia yang ia pegang terhadap janji yang diucapkan oleh seorang anak berumur 10 tahun. Ia rela membuang masa SMA-nya—yang biasanya diwarnai dengan indahnya pacaran—demi menunggu kepulangan Robin. Ryu bahkan tetap tabah dan sabar walau banyak yang menganggapnya tidak waras demi janji yang diucapkan Robin. Dan rasanya gemas sekali saat mengetahui perasaan Ryu lenyap begitu saja saat akhirnya Robin pulang—Robin yang nyata begitu jauh dari harapan Ryu. Apa karena sejak awal Ryu salah memantrai foto yang ditinggalkan Robin? 

Aku suka deskripsi tempat yang dijabarkan kak Indah. Baik di kota London—tempat dimana keluarga Mcfadyen tinggal selama 12 tahun—dan kota Medan—dimana sebagian besar seting cerita berada di sana. Latarnya berasa begitu nyata, bukan hanya sebagai tempelan belaka.

Walaupun menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu, rasanya cukup dibuat penasaran dengan siapa yang paling merindukan Ryu saat anak-anak Mcfadyen ada di London. Sampai harus membaca ulang dan mengingat-ingat siapa saja yang mempunyai kebiasaan seperti apa.

Alurnya yang digunakan sendiri sudah pas, walaupun terdapat dua kali lompatan waktu—saat 10 tahun setelah Ryu dan keluarga Mcfadyen berpisah serta 2 tahun lagi saat keluarga Mcfadyen akhirnya kembali.

Overall, aku cukup menyukai kisah di dalam Rainbow of Love ini (walaupun menurutku ceritanya masih kurang untuk karakter-karakter yang lain, Ken misalnya :D meskipun sering menjahili Ryu, sebenarnya Ken merupakan kakak yang paling khawatir dengan keadaan Ryu sendiri). Dan novel ini recomeded buat penyuka cerita romance yang ringan dan manis. Oh ya, suka banget sama kalimat-kalimat selipan yang ada di tiap awal bab. Quoteable banget dan sukses bikin baper semua! (><)

May 20, 2016

[Random Post] Mizan Store #CrazySale Bisa Bayar Pakai Paypal!


Jadi ceritanya kemarin malam dapat notif Line@ dari Mizan Store yang ngasih tahu kalau ada #CrazySale di website Mizan. Berhubung lagi nggak ada kerjaan, aku iseng-iseng buka web-nya dan nyoba lihat-lihat buku apa saja yang sedang didiskon.

Pertama kali yang nyantol mata saat lihat diskon tuh gara-gara lihat cover novel Ignite Me dari seri trilogi Shatter Me karya Tehereh Mafi (yang belakangan ini jadi wishlist tapi belum sempet beli karena harga Ignite Me masih mahal :D, soalnya males banget kalau beli buku berseri tapi nggak lengkap sekalian) yang didiskon sampai lebih dari 85%. Gila! Gimana nggak seneng tuh?! Yang semula harganya Rp 65000 jadi Rp 10000 aja! Langsung deh kalapnya kumat kalau ada diskon buku. #AmpuniAkuYaAllah


May 14, 2016

[Book Review] Ada Apa Dengan Cinta? – Silvarani

  • Judul Buku: Ada Apa Dengan Cinta?
  • Penulis: Silvarani
  • Penerbit: Gramedia Media Utama
  • Cetakan: I, 2016
  • Tebal: 192 hlm.
  • Harga : Rp 40.000 bukabuku.com
  • My Rate : 4/5
Apa lagi yang kurang dalam hidup Cinta? Ia punya keluarga yang bahagia, popularitas di sekolah, banyak pengagum, dan yang paling penting, ia punya sahabat-sahabatnya. Alya, Maura, Milly dan Karmen membuat hari-harinya selalu berwarna. Mereka adalah pusat dunia Cinta.

Sampai suatu hari, ia berkenalan dengan Rangga, cowok jutek dan penyendiri yang lebih suka berteman dengan buku daripada manusia. Ternyata mereka sama-sama menyukai puisi, minat yang tak bisa Cinta bagi dengan keempat sahabatnya. Dan perlahan hal itu membawa perubahan pada dirinya, membuat orang-orang di sekitarnya bertanya-tanya, ada apa dengan Cinta?

Ketika Cinta sendiri pun ikut mempertanyakan dirinya dan persahabatnya menjadi taruhan, apa yang sebaiknya ia lakukan?


[Progress Update] Indonesian Romance Reading Challenge 2016

Tahun ini adalah tahun pertama aku mengikuti Indonesian Romance Reading Challenge 2016 yang diadakan oleh Ky's Book Jurnal. Walaupun awalnya sempat ragu saat mau ikut (karena aku lebih sering membaca buku terjemahan), akhirnya aku memutuskan untuk ikut brpartisipasi dalam tantangan ini. 

Aku mengikutinya dan mengambil level Maniac, selain untuk memacuku dalam latihan mereview sebuah buku, juga untuk mengenal lebih banyak penulis-penulis yang bagus dari Indonesia. Dan buku romance yang berhasil aku baca  selama bulan Januari - April adalah:

May 4, 2016

Wishful Wednesday #9 : Love Around The World Series

Selamat pagi~ Akhirnya kita memasuki Rabu pertama di bulan Mei (setelah bulan April lalu aku begitu malas membaca buku apalagi mereview-nya). Sebenarnya buku-buku yang menjadi WW ku ini sudah terpikirkan sejak pertengahan bulan kemarin, tapi karena yah... lagi malas nulis dan buka blog sendiri akhirnya aku baru sempat menulisnya sekarang.

sumber: instagram kubukabuku_id
  1. Love in Paris - Silvarani
  2. Love in Adelaide - Arumi E
  3. Love in Marrakech - Irene Dyah
  4. Love in Edinburgh - Indah Hanaco
Alasan pengen punya?

Karena terlanjur ngiler gara-gara baca review positif dari para Blogger Buku Indonesia yang sudah lebih dulu mencicipinya. Sebenarnya bulan April lalu ada dua blog buku yang mengadakan giveaway yang berhadiah satu buku seri Love Around The World di tiap minggunya selama satu bulan. Hanya saja aku masih kurang beruntung mendapatkannya karena hanya satu atau dua kuis saja (aslinya ada delapan) yang aku ikuti.

Tapi di bulan Mei ini masih ada dua blog lagi yang sebulan penuh akan mengadakan giveaway Love Around The World Series juga, yaitu di blog Ketimpuk Buku dan Ridho Dan Bukunya. Semoga saja bulan ini setidaknya aku bisa mendapatkan satu atau dua buku Love Around The World Series ini. Karena sekarang juga sudah terbit Love Around The World Series keduanya. Kalau mau beli semua kan gak mungkin... (hiks) kecuali sih kalau ada yang mau beliin gratis.

Share Wishful Wednesday mu juga ya!
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)