January 16, 2016

[Book Review] Operation: Break the Casanova's Heart – Aly Almario

  • Judul : Operation: Break the Casanova's Heart
  • Penulis : Aly Almario
  • Editor : K.P. Januwarsi
  • Proofreader : Titish A.K.
  • Penerjemah : Airien Kusumawardani
  • Desainer cover : Saiful Rohman (COCROID)
  • Penerbit : HARU Media
  • ISBN : 978-602-7742-64-2
  • Cetakan : I, Oktober 2015
  • Tebal : 224 hlm
  • How I Get : giveaway @NovelAddict_ & @penerbitharu 

BLURB

Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova
1. Tugas yang Harus Diselesaikan:
1. Buat dia menyadarai keberadaanmu.
2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
4. Jadikan kencan tersebut berkesan.
5. Buat dia menganggapmu serius.
6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
8. Buat dia menciummu, ciuman yang tulus.
9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.

Satu-satunya peraturan yang harus kau patuhi dalam misi ini adalah: jangan jatuh cinta kepadanya. Kalau kau melanggar peraturan ini, maka misi akan dianggap gagal. Sebagai gantinya, kau akan menerima hukuman yang berat.

Naomi Perez terpaksa menjalankan misi tersebut karena Stephen Crushsang Cassanovaadalah cowok yang menghancurkan hati sahabatnya, Kryzel.

Apakah Naomi berhasil membuat Stephen jatuh cinta kepadanya?
Ataukah keadaan akan berbalik, justru Naomi yang jatuh cinta kepada Stephen?

REVIEW

Di dalam permainan bernama 'Cinta', yang kalah adalah yang pertama jatuh cinta. —hlm. 3

Naomi sebelumnya hanyalah seorang gadis kutu buku. Penampilannya yang kurang menarik dan agak tomboy—sedikit banyak dipengaruhi oleh empat kakak laki-lakinya yang terkadang tidak memperlakukannya sebagai adik perempuan merekamembuatnya  belum pernah merasakan yang namanya pacaran.

Stephen adalah seorang casanova di kampus Naomi. Tak hanya kaya dan tampan, dia juga termasuk mahasiswa yang pintar, sehingga tidak heran jika banyak cewek yang mengantri untuk menjadi pacarnya. Tapi tidak dengan Naomi.

Kenapa ada cewek yang yang mau berhubungan dengan cowok yang masa pacaran paling lamanya hanya empat hari? —hlm. 7

Sebenarnya Naomi dan Stephen adalah teman sekelas sejak SMA, tapi mereka hampir tidak pernah berinteraksi karena mereka menganggap lingkungan sosial keduanya berbeda. Sampai suatu hari Naomi menemukan fakta bahwa Kryzel jatuh sakit dan masuk rumah sakit karena putus dengan Stephen. Padahal Naomi sedikit berharap jika hubungan sahabatnya itu akan bertahan lebih lama mengingat mereka telah pacaran selama dua minggulebih lama dari mantan Stephen yang lain. Namun ternyata Stephen juga menyampakkan Kryzel seperti cewek lainnya.

Dibakar amarah, Naomi pergi mencari Stephen untuk melabraknya. Namun justru berakhir dengan ciuman pertamanya yang dicuri oleh Stephen.

Karena ingin membalas dendam, Naomi akhirnya bergabung dengan KPSC—Koalisi Pembenci Stephen Cruz—yang diketuai oleh Yannie dan France, dengan misi utama menghancurkan hati sang casanova.

***
Ini adalah pertama kalinya aku membaca cerita fiksi dari Filipina—dan sepertinya Penerbit Haru pun adalah penerbit pertama yang menerbitkan novel yang berasal dari negara tersebut—meskipun sebelumnya aku lumayan sering membaca cerita fanfiksi dari penulis sana. Yah, kebanyakan berbahasa inggris sih... karena aku sendiri pun tidak tahu apapun tentang bahasa Tagalog.

Seperti buku-buku terjemahan Haru yang lain, Operation: Break the Casanova's Heart pun diterjemahkan dengan apik. Beberapa kata tetap menggunakan bahasa asli Filipina, sehingga kita bisa sedikit belajar bahasa Tagalog. Seperti Kuya yang berarti kakak laki-laki. Ahhh~ Kuya Nico~~ /abaikan/

Aku suka bagaimana penulis menggunakan sudut pandang Naomi dan Stephen secara bergantian dalam menceritakan kisah mereka, sehingga kita tahu tentang bagaimana perasaan yang sebenarnya mereka masing-masing miliki.

..., tidak pernah punya pacar bukan berarti aku sama sekali tidak pernah naksir seseorang. —hlm. 8

Naomi sebenarnya menaruh hati pada Drew sejak lama, tapi dia merasa jika Drew tidak pernah memperhatikan sinyal yang sudah lama Naomi berikan, karena sepertinya Drew hanya menganggapnya sebagai sahabat. Namun aku sedikit deg-degan dan was-was ketika akhirnya Drew menyatakan cintanya pada Naomi di saat Stephen mulai menganggap serius cinta Naomi. Aku sedikit deg-degan ketika Naomi dan Drew sedang berduaan, khawatir kalau-kalau Stephen tahu apa yang mereka lakukan. Tapi aku juga sering senyum-senyum sendiri saat bagian ketika Stephen terlihat cemburu melihat kedekatan Naomi dan Drew (padahal saat itu mereka belum menyatakan perasaan mereka masing-masing).

Meskipun cerita dengan mengusung tema tentang seorang playboy itu sudah terlalu umum, dan akhir ceritanya mudah ditebak, tapi penulis berhasil memberikan kejutan-kejutan adegan di dalamnya, yang membuatku bertanya-tanya apa yang selanjutnya akan terjadi? Apakah Naomi akhirnya memilih untuk menghancurkan hati Stephen setelah dia tahu alasan di balik sikap brengseknya itu? Dan yang membuatku semakin terkejut adalah alasan Yannie membentuk KPSC yang ternyata bukan untuk menyakiti Stephen namun justru ingin menyelamatkannya.
Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berbagi penderitaan. —hlm. 122
"... Aku mendoakan agar kau benar-benar bahagia. Dan kalau kita memang ditakdirkan untuk bersama... kita akan bersama," —hlm. 139

"Seandainya saja sejak dulu  aku tahu  jatuh cinta rasanya seindah ini, aku pasti sudah memberi cinta kesempatan bertahun-tahun yang lalu." —hlm. 142

"Dia juga mencintaimu, kan? Berjuanglah untuknya. Ingatkan dia apa yang pertama kali membuatnya jatuh cinta kepadamu." —hlm. 170

Buku ini cukup tipis dan ringan, yang bisa dihabiskan sekali baca. Remomended banget buat yang suka genre romance comedy dan YA.

Oh ya, ini adalah buku kedua hasil aku berburu buntelan yang diadakan oleh Penerbit Haru (buku pertama Chronicle of Audy: 4/4 yang aku dapatkan tahun kemarin, tapi aku belum sempat membuat reviewnya) dan ini adalah buntelan pertama yang aku dapatkan tahun 2016 ini. Aku cukup beruntung mendapatkan buku yang masih bertanda tangan asli dari penulisnya. Sepertinya aku sedikit berjodoh dengan Haru :p


Overall My Rating for Stephen is



Review ini diikut sertakan dalam:

2 comments:

  1. Trims reviewnya. Saya belum kesampaian baca buku ini, padahal waktu pertama terbit penasaran banget gimana Haru bisa mengangkat novel wattpad luar. Akhirnya walaupun gak baca Break Cassanova aku baca the Bet. :)

    http://theboochconsultant.blogspot.co.id/2016/09/review-bet-by-kimberly-joy-vilanueva.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum kesampaian baca The Bet. banyak yang bilang bagus. Aya sendiri bahkan ngasih bintang 5 😱

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak, serta gunakan Nama/Url. Bukan menggunakan user Anonim. ^^