March 19, 2016

[Book Review] Stay – Sung Ie

  • Judul : Stay : Mr. O vs Miss A
  • Penulis : Sung Ie 
  • Editor : Cicillia Prima
  • Desain Cover : Jang Shan & Dyndha Hanjani P
  • Penata Isi : Yusuf Pramono
  • Penerbit : Grasindo
  • Cetakan : ke-1, Maret 2015
  • Tebal : 218 hlm
  • ISBN : 139-786-022-518-23-2 

BLURB

Lee Young-Jun
Golongan darah O. Workaholic. Ambisius. Pencemburu. Dua tahun berlalu sejak dia dikhianati oleh kekasihnya, Shin Yun-Jee (Insomnia). Untuk pertama kalinya, setelah dua tahun itu, dia tertarik pada seorang gadis - Seo Ji-Na. Amat berbeda dengan Yun-Hee, gadis ini manis dan lembut. Hangat dan perhatian. Tetapi, di sekitarnya, ada lelaki yang selalu siap untuk gadis itu. Dan, cara gadis itu menjaga sikap di depannya - walaupun Ji-Na berkata mencintainya, bagaimana dia bisa percaya sepenuhnya? Sementara lelaki lain masih berkeliaran di sekitar.

Seo Ji-Na
Golongan darah A. Pelukis. Pemalu. Sederhana. Lugu. Seorang lelaki yang baru dikenalnya - Lee Young-Jun, tiba-tiba saja berkata tertarik padanya. Dengan cepat, kata"tertarik" berubah menjadi "suka", dan "suka" menjadi"cinta". Secepat itu, tetapi Ji-Na juga jatuh cinta pada lelakiyang mendekatinya tanpa ragu - penuh percaya diri itu, tetapi, tampaknya lelaki itu menyimpan kenangan. Ada sosok gadis lain yang melekat dalam memorinya, walaupun dua tahun telah berlalu. Ji - Na meragu. Bagaimana dia bisa yakin Young-Jun mencintainya, jika hadirnya dalam benak lelaki itu masih samar? Sekuat apa pun dia berusaha.

A dan O, adalah dua pribadi yang saling bertolak belakang. Saling berselisih. Saling tersakiti. Saling meragukan. Tetapi, A itu pengertian. Dan O itu setia.

REVIEW

Konon, pasangan golongan darah O dengan golongan darah A tidak direkomendasikan. Terlalu banyak resiko dan rapuh. Tapi... —hlm. 211

Seo Ji Na merupakan salah satu pelukis anonim di Oh! Gallae. Selain bekerja menjadi guru pelukis, terkadang ia juga menjadi penjaga toko G-String—sebuah toko gitar—dimana pemiliknya merupakan putra dari pemilik Oh! Gallae yang sudah dianggap Ji Na sebagai keluarganya sendiri.

Suatu hari, Ji Na yang begitu sederhana dan lugu bertemu dengan Lee Young Jun—seorang pria ambisius yang begitu bertolak belakang dengan sifat Ji Na—ketika sedang berjaga di G-String. Young Jun yang langsung tertarik dengan Ji Na sejak pandangan pertama, mengajak Ji Na untuk berkencan—terlebih Young Jun ternyata sudah menyukai Ji Na melalui lukisan yang digambarnya.

Awalnya Ji Na ragu untuk memulai hubungan dengan Young Jun—apalagi ketika melihat ramalan golongan darah yang menyebutkan jika mereka tidak akan saling cocok. Namun karena rasa cintanya yang besar, sebisa mungkin Ji Na tetap tinggal di sisi Young Jun.

Sejak pertemuan Ji Na dengan Yun Hee—mantan Young Jun—di sebuah pesta kalangan elit, tanpa sadar membuat Young Jun sering membandingkan Ji Na dengan Yun Hee yang seorang model. Karenanya, Ji Na pun menjadi rendah diri dan perlahan-lahan mulai berubah menjadi gadis yang berbeda—yang tak lagi pemalu dan lebih modis—demi Young Jun.

Namun ketika Ji Na sudah tidak tahan lagi dengan sikap Young Jun yang masih saja belum bisa melupakan Yun He, sanggupkah Ji Na bertahan di sisi Young Jun?

Dan bisakah Young Jun tak lagi membandingkan Ji Na dengan Yun Hee ketika mereka memutuskan untuk memulai lagi semuanya dari awal?

*** 

Stay merupakan salah satu seri novel Blood Type yang diterbitkan oleh Grasindo. Timeline-nya sendiri mengambil setting waktu dua tahun setelah novel Wedding. Meskipun ceritanya tidak terlalu berhubungan, namun ada beberapa tokoh yang saling terkait dalam cerita.

Menceritakan tentang Seo Ji Na yang bergolongan darah A yang mempunyai sifat pemalu, sederhana dan lugu. Golongan darah A juga cenderung tidak percaya diri dan sering berubah menjadi seseorang sesuai dengan orang yang ia cintai. Berbeda dengan Ji Na, Lee Young Jun yang bergolongan darah O mempunyai sifat yang workaholik, ambisius dan juga pencemburu.

Background cerita sendiri mengambil setting di Insandong—sebuah daerah yang terkenal sebagai pusat kesenian di kota Seoul. Di sanalah Ji Na yang bekerja sebagai pelukis dan Young Jun yang bekerja sebagai manajer sebuah perusahaan musik, memulai dan menjalani kisah cinta mereka.

Awalnya memang membosankan saat membaca novel ini—apalagi alurnya yang terlalu cepat dan sedikit dipaksakan. Terlebih di awal bab sendiri tak ada konflik berarti yang terjadi di antara Ji Na dan Young Jun yang terkesan monoton—dan itu sempat membuatku ingin mengedrop saja novel ini. Namun saat mencapai petengahan buku barulah cerita menjadi sedikit lebih menarik saat hubungan Young dan Ji Na mulai diuji.

Yang sedikit mengganggu saat membacanya adalah adanya ketidak-konsistenan pemakaian istilah "appa" dan "abeoji" yang dipakai Young Jun saat memanggil ayahnya. Karena meskipun mempunyai arti sama, dua kata tersebut mempunyai tingkat kesopanan yang berbeda.

Namun di luar kekurangan yang ada di dalam novel, Stay tetap menarik untuk dibaca—dan bisa dijadikan bacaan ringan sebelum tidur. Novel ini cukup recomended bagi penyuka drama romantis Korea.

Overall, rating dariku

"Ketika golongan darah O dan golongan darah A saling mencintai, dan mereka saling membuka satu sama lain, mereka akan menjadi pasangan yang saling mengerti. Ketika mereka saling terbuka dan tidak hidup dengan saling mengira-ira, pasangan ini akan menjadi pasangan dengan hubungan yang paling stabil di antara pasangan golongan darah lain." —216

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak, serta gunakan Nama/Url. Bukan menggunakan user Anonim. ^^