December 31, 2016

[BlogTour/Review] Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang – Gina Gabrielle

  • Judul : Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
  • Penulis: Gina Gabrielle
  • Desain Sampul : Uly Novita Andrian Siahaan
  • Penerbit : Inner Child Crowdfund Publisher
  • Terbit : April 2016
  • Tebal : 228 hlm.
  • ISBN: 978-602-74865-0-8
  • Genre : Fantasy, Novel
  • Rating : 5/5 🌟
Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasa untuk kembali bermimpi.

***

"Konon katanya, pada suatu tidur, kau bisa sampai ke suatu tempat yang disebut Ujung Pelangi. Di sana ada seorang gadis dengan wajah tertutup cadar yang akan menenunkan Mimpi untukmu...”

Seorang pria dengan Hati luka melihat kertas terbang dalam Mimpinya. Ia mengikuti arah kertas tersebut terbang, dan sampai ke Lembah Es. Ia menyangka Hatinya akan sembuh, namun ternyata Lembah Es hanyalah tempat untuk mendinginkan Hati.

Di lain tempat, tanpa ia ketahui, langit memar. Dunia terancam hancur, dan pria itulah yang dipilih untuk menyelamatkannya.

Tapi, karena tidak sanggup lagi menanggung sakit, ia memutuskan untuk selama-lamanya membekukan Hati di Lembah Es.

Lalu langit pun retak, dan hendak runtuh.
Mulanya, pria yang suka bernyanyi sambil memainkan ukulelenya itu, hanyalah seorang pemuda yang mencintai kebebasan. Karenanya, ia pun membebaskan Hati miliknya. Padahal kebanyakan orang, biasa menyembunyikan hati milik mereka karena takut akan kemungkinan adanya luka. Dan ketika pria tersebut akhirnya menyadari rasa perih yang mulai mendera hatinya, semuanya telah terlambat.

Rasa sakit yang disebabkan oleh hatinya yang terluka, membuat pria itu melakukan perjalanan demi kesembuhan hatinya. Hingga kemudian ia sampai di sebuah tempat bernama Lembah Es. Namun bukan kesembuhan yang ia dapatkan, hanya sebuah rasa sejuk sementara di hatinya—yang tentu saja tidak memuaskan pria tersebut. Karenanya pria itu memohon pada langit agar mau menyembuhkan hati miliknya.

Tetapi, Teman, saat kau tidak tahu apa yang harus kau lakukan, kau akan mencoba segalanya.
Bahkan hal yang paling tidak masuk akal sekalipun. [hlm. 9]

Di Ujung Pelangi—sebuah tempat yang berada paling dekat dengan langit, hidup seorang gadis yang dihukum untuk menenun mimpi bagi orang-orang yang tersesat ke tempat tersebut. Dalam menjalani hukumannya, Gadis Penenun Mimpi membutuhkan empat bahan dalam menenun selimut mimpi, yaitu Benang Perasaan, Warna Keajaiban, Kegigihan dan Hati miliknya sendiri yang harus ia hancurkan untuk menyempurnakan mimpi yang ia tenun. Namun, belakangan ini langit mulai retak dan banyak orang yang kehilangan mimpinya karena hati mereka yang terluka. Dan tentu saja tugas Gadis Penenun Mimpi tersebut menjadi semakin berat.

Seekor Kura-Kura Pengelana—yang sedang mencari cara untuk menyembuhkan hatinya—dipilih oleh Raja Kasih untuk menyelamatkan Dunia Mimpi. Dipandu Kol. Ibri, Kura-Kura Pengelana melakukan perjalanan melewati Masa Lalu dan Masa Kini. Dalam perjalanannya ia bertemu dengan Putri Boneka dan Pangeran Landak—dimana mereka juga sedang mencari cara menyembuhkan hati mereka masing-masing yang terluka.

Bagaimanakah cara Kura-Kura Pengelana, Putri Boneka dan Pangeran Landak menyembuhkan Hati mereka sekaligus menyelamatkan Dunia Mimpi?
“…. Sesungguhnya tidak ada kekuatan yang bisa menyembuhkanmu jika kau tidak menghendakinya. Itulah yang harus kau pelajar dalam perjalanan ini—selain mengubah dunia tentunya.” [hlm. 2014]

Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang adalah karya pertama Kak Gina yang aku baca. Awalnya memang agak sulit untuk “masuk” ke dalam alur cerita karena pemilihan kata yang cenderung menggunakan sajak-sajak indah dalam mendeskripsikan cerita. Apalagi kalau membacanya di tengah kebisingan, terkadang aku harus membaca kalimatnya dua atau tiga kali agar bisa memahami isinya. Karena itulah di pembukaan buku, Kak Gina menyarankan agar membaca Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang di tengah keheningan malam.

Tapi setelah aku bisa “masuk” ke dalamnya, aku benar-benar dibuat jatuh cinta dengan cerita—atau lebih bisa disebut sebuah dongeng—yang Kak Gina tawarkan ini. Setting yang dibangun begitu indah dan ajaib. Sedikit banyak mengingatkanku akan latar yang sering dibangun oleh Studio Ghibli.

Tokoh-tokoh di dalamnya pun menarik dan mempunyai karakter yang kuat sehingga masing-masing sulit untuk dilupakan. Sebut saja Kol. Ibri, seekor burung kolibri mungil tapi punya kebanggaan setinggi langit. Kura-Kura Pengelana yang berusaha menaklukan sisi lemahnya di balik tempurungnya yang keras, serta masih banyak lagi. Dan yang menjadi favoritku sih tentu saja karakter Kol. Ibri, yang suka bikin gemes sama tingkah dan cara dia bicara. Tapi tentu dia nggak bakal suka kalau dibilang unyu-unyu. Selain itu, kata hati dan mimpi di dalam cerita bukanlah menjadi  sekedar objek belaka. Mereka juga menjadi Subjek penting di cerita dengan penggunaan huruf kapital di tiap awal kata.

Sudut pandangnya sendiri menggunakan sudut pandang orang ketiga yang membuat pembacanya tahu apa saja yang terjadi di buku. Uniknya, penggunaan kata "Teman" untuk menyapa pembaca membuatku seolah ikut berperan di dalam cerita dan bukan hanya sebagai pengamat belaka.

Bisa dibilang konfliknya sendiri sederhana, tentang usaha menyembuhkan hati para tokoh di dalamnya. Namun Kak Gina berhasil meramu konflik tersebut menjadi sesuatu yang tidak sederhana—meskipun tidak bisa dibilang rumit juga sih. Banyak pesan moral tersirat tentang sebuah “hati manusia” yang Kak Gina tulis di buku ini, yang membuatku lebih merenung tentang kenyataan di sekitar.

Sampul buku Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang pun terlihat begitu manis dan cantik. Begitu sesuai dengan penggambaran cerita di dalamnya. Tidak salah jika aku memberikan rating sempurna untuk buku ini. Karena sampul dan cerita di dalamnya sangat, sangat, sangat menarik!

Awalnya Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang ini ditulis di akun wattpat milik Kak Gina sebelum mulai diterbitkan secara indie. Aku tidak tahu apakah ada banyak perbedaan dengan versi yang aku baca karena aku tidak sempat membaca versi wattpat-nya—yang tentu saja sekarang sudah dihapus. Di versi wattpad hanya menyisakan Prolog dan Bab Pertama saja yang masih bisa dibaca di sini.

Oh ya, aku salut dengan usaha Kak Gina dalam mempromosikan buku Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang agar bisa masuk dan mudah ditemukan ke toko buku. Sebuah usaha yang tidak mudah dan murah tentu saja—mengingat jalur indie yang ia pilih. Untungnya Kak Gina dibantu oleh ICC Publisher—sebuah penerbit yang membantu penulis yang menerbitkan bukunya secara indie agar bisa dipajang di rak toko.

Kalau kamu penggemar cerita fantasi dan suka dengan kisah petualangan, Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang ini dianjurkan banget buat kamu baca. Sebuah dongeng untuk orang dewasa ini akan membuatmu kembali merasakan keajaiban dunia mimpi.

.:Giveaway Time:.


Dalam rangka merayakan beredarnya buku Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang di toko buku Gramedia, Kak Gina mau membagikan 1 (satu) eks buku ini buat kalian. Ikuti syarat berikut ini:
1. Mempunyai alamat pengiriman di Indonesia.
2. Follow akun twitter @msginagabielle, @iccpublisher & @dabelyuphi.
3. Follow blog ini via GFC/email.
4. Share pengumuman giveaway ini di akun sosial media kalian dengan hashtag #GadisPenenunMimpi, serta jangan lupa mention akun @dabelyuphi & @msginagabrielle.
5. Lengkapilah TTS di bawah ini. Jawaban bisa kalian cari di review yang sudah aku tulis di atas 😁

Clue, perhatikan kata yang mempunyai warna-warna berbeda di review. Perhatikan juga tanda bacanya.
6. Tulislah jawaban kalian di kotak komentar dengan menyertakan nama & link share yang telah kalian bagikan.
Contoh jawaban:
Nama | Link Share
1.
2.
dst

Pemenang akan dipilih dari peserta dengan jawaban benar paling banyak. Jika ada peserta yang menjawab benar lebih dari satu, pemenangnya akan dipilih secara random.org. Biar kesempatan menang lebih besar, ikuti juga giveaway-nya di blog kak Dyah juga di sini (bisa dapet hint juga lho di sana 😁). Oh iya, nantinya akan ada tambahan hadiah dari kita lhoo 😉😉

Giveaway ini berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 6 Januari 2017. Pemenang akan diumumkan 1-2 hari setelah giveaway ini berakhir. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas, silakan mention akun twitter-ku di @dabelyuphi.

24 comments:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/815008925183574016

    Jawaban TTS:
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  2. Nama: Bety Kusumawardhani | Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/815005045598978048?p=v

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol.Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  3. Nama: Angelina Arum Wulandari
    Link share: https://twitter.com/angeliaaw249/status/815022693581893632 …

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    Makasih Kak untuk kesempatan ikut GA-nya :D

    ReplyDelete
  4. Elsita F. Mokoompit - https://twitter.com/sitasiska95/status/815038726195671040

    1. Kura-kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  5. Nama: Dwita Andhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/815116931434881024

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  6. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/815197549061472256
    Jawaban:
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  7. Nama: Kamela Zaenul Afidah
    Link Share: https://twitter.com/MZafydah/status/815393814831452160
    Jawaban:

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  8. Nama : Indriani
    Link Share : https://twitter.com/ryanie31/status/815555626881273860

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  9. Ana Bahtera| https://twitter.com/anabahtera/status/815574455179100160

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  10. Aenun Nasyifa Z.A. | https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/815577759049129985

    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    semangat :)

    ReplyDelete
  11. Nama : Rinita
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/815690094548045824?p=v
    Jawabanku:
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  12. Nama: Fitra Aulianty
    Link share: https://twitter.com/fira_yoopies/status/815435407722590208

    Jawaban:
    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol.Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  13. Nama: Alfath
    Link share: https://twitter.com/alfari_12/status/815839696345395200

    Jawaban:
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10.Ujung pelangi

    ReplyDelete
  14. Nama : Mifta Rizky W
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/815927605849296896

    Jawaban :
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10. Ujung pelangi

    ReplyDelete
  15. Nama : priska tanudjaja nur
    Link share : https://twitter.com/mpriiis/status/815939406993313793
    Jawaban :
    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  16. Nama :Dini Auliana P
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/816258395514671105

    Jawaban :
    1. Kura-kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol.Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    Wish me luck :)

    ReplyDelete
  17. Heni Susanti | https://twitter.com/hensus91/status/816457958192082944
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10.Ujung pelangi

    ReplyDelete
  18. Nama:Ainhy Edelweiss
    Twitter : @PrinceesAinhy
    Jawaban:
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10.Ujung pelangi

    ReplyDelete
  19. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/816960618175434752
    Jawaban:
    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10. Ujung pelangi

    Wish me luck!

    ReplyDelete
  20. nama : Mariatul Rahmi
    link share : https://mobile.twitter.com/mrtlrhmi_/status/817272872779399168?p=v

    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10. Ujung pelangi

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Nama: Rizki Fitriani
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/817316648130445313

    1. Kura-kura pengelana
    2. Putri boneka
    3. Raja kasih
    4. Lembah es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang perasaan
    8. Warna keajaiban
    9. Pangeran landak
    10. Ujung pelangi

    ReplyDelete
  23. Nama: Leny
    Link Share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/817342026148552705

    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi

    ReplyDelete
  24. Nama : Raya Mipi
    Link share : https://twitter.com/raya_mipi/status/817339704366415872

    Jawabanku :
    1. Kura-Kura Pengelana
    2. Putri Boneka
    3. Raja Kasih
    4. Lembah Es
    5. Kol. Ibri
    6. Hati
    7. Benang Perasaan
    8. Warna Keajaiban
    9. Pangeran Landak
    10. Ujung Pelangi.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak, serta gunakan Nama/Url. Bukan menggunakan user Anonim. ^^