April 17, 2017

[Review] SomeToon #01 – Mojito Mohican

  • Judul : SomeToon #01
  • Penulis : Mojito Mohican
  • Penerjemah : Herlinda Yuniasti
  • Penyunting : Hisni Munafarifana
  • Proofreader : Novianita
  • Layout artist : Vanessa
  • Penerbit : Haru
  • Tebal : 258 hlm.
  • Terbit : Februari, 2017
  • Genre : K-Toon, Ilustrasi
  • Rating :🌟🌟🌟🌟🌟
Kisah-kisah yang terjadi antara aku dan dia.

 Berdasarkan kisah nyata, Sometoon mengilustrasikan manis dan pahitnya semua hal yang terjadi dalam hubungan pria dan wanita. Kisah-kisah romantis yang awalnya diserialisasikan di Internet ini akan membuat kalian ikut merasakan percikan cinta.

Adakah yang tahu apa itu K-Toon? Kalau belum, K-Toon merupakan salah satu label dari Penerbit Haru yang khusus menawarkan komik-komik yang berasal dari Korea yang biasanya telah diterbitkan melalui Webtoon Naver. Dan SomeToon sendiri merupakan salah satu K-Toon terbaru yang diterbitkan oleh Penerbit Haru.

Di dalam SomeToon terdiri dari 21 kisah berbeda yang berisi tentang hubungan romantis yang biasa terjadi antara cewek dan cowok. Menurut Mohito, kisah dalam SomeToon sebagian berasal dari kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar pengarang, sebagian lainnya berasal dari naskah yang dikirim para pembacanya.

Kisah-kisah yang ada di SomeToon terasa begitu manis dan hangat, beberapa di antaranya sukses bikin tersenyum simpul, walaupun ada juga kisah yang sedikit terasa pahit. Tentang friendzone, LDR, ataupun hubungan yang hampir kandas karena kesibukan masing-masing.
Semua kekesalan yang terjadi hari itu, meleleh karena tangannya yang menggenggam tanganku~ [hlm. 35]
Walaupun ilustrasinya terkesan sederhana (lebih mirip gambar doodle), Mojito justru berhasil menyampaikan perasaan tiap kisah dengan sangat tepat. Begitu pun juga dengan pemilihan warnanya, tak perlu menggunakan warna yang kompleks untuk membuat kisahnya menjadi lebih istimewa dan bikin hati meleleh.

Salah satu kisah yang menjadi favoritku adalah di Bab 3 yang berjudul "Lebih Berwarna". Tentang seorang cowok yang hidupnya selalu berwarna abu-abu. Tapi ketika akhirnya ia bersama orang yang disukai, hidupnya menjadi lebih berwarna.

Kisahnya yang pendek dan tidak menggunakan banyak kalimat, komik SomeToon ini bisa selesai dibaca dengan cepat. Tapi jika membacanya cepat-cepat, menurutku feel-nya akan kurang terasa. Karena itulah lebih baik membaca kisah dalam SomeToon ini sedikit demi sedikit, agar apa yang ingin disampaikan pengarang bisa lebih kita nikmati.

Komik SomeToon ini sangat aku rekomendasikan bagi penyuka kisah-kisah romantis. Cocok untuk bacaan selingan bagi yang sedang bosan membaca novel.

*) Jangan lupa untuk ikutan giveaway SomeToon di sini.

3 comments:

  1. Sepetinya Sometoon ini mirip2 Love is nya Puuung ya? Sama2 hanya berisi sedikit caption/kalimat, karena gambarnya sendiri sudah berbicara banyak. Trus sama-sama menyoroti kehidupan pasangan/ kekasih. Bedanya, klo di Love is, pasangannya hanya satu, sedangkan di Sometoon, beda2 pasangan yang disoroti. Lalu style gambarnya juga beda.

    Menarik nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang agak mirip-mirip sih, tapi kalo karya puuung kan lebih mengarah ke ilustrasi buat yg udah punya pasangan. kalo sometoon ini cocok buat yg belum punya pasangan alias masih pedekate. uhuk :D

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak, serta gunakan Nama/Url. Bukan menggunakan user Anonim. ^^