[Book Review] Reality – by Byanca Sastra

Posting Komentar
  • Judul : Mr. B vs Miss AB : Reality
  • Penulis : Byanca Sastra
  • Desain Cover : Jang Shan & Dyndha Hanjani P.
  • Penata Isi : Yusuf Pramono
  • Penerbit : Grasindo
  • Cetakan : Ke-1, Maret 2015
  • Tebal : 243 hlm
  • ISBN : 978-602-251-922-5

BLURB

Han Mi Soo
Usiaku baru enam tahun saat kecelakaan besar yang telah merenggut nyawa kedua orang tuaku itu terjadi. Hari-hari yang kuhabisakan di panti asuhan membuatku belajar banyak tentang kenyataan hidup. Setelah diadopsi pun aku tetap bertekad untuk selalu merawat anak-anak yang berada di sana. Namun semua berubah ketika seorang pengacara bernama Choi Ji Hoon datang dan berusaha untuk merobohkan panti asuhan kami. Dan untuk membalasnya, kini aku berdiri di depan pintu rumahnya sambil membawa anak-anak untuk meminta tanggung jawab serta hatinya.

Choi Ji Hoon
Sebagai seorang pengacara sukses, aku tidak pernah menyerah dalam kasusku. Termasuk kasus kali ini yang hanya memerlukan usaha sedikit untuk merobohkan sebuah panti asuhan tua. Dan seperti dugaanku, semua berjalan lancar sampai seorang perempuan bernama Han Mi Soo datang sambil membawa bencana besar untuk memutarbalikkan hidupku. Hingga kini aku terjebak di antara kenyataan juga harapanku untuk bersamanya.

Wanita bergolongan darah AB selalu bisa mengimbangi sisi kreatif laki-laki bergolongan darah B. Hal ini membuat keduanya selalu saling melengkapi. Dan, hanya wanita golongan darah AB yang sanggup memahaminya.
 

REVIEW 

"Aku sungguh tidak bisa menebak apa yang ada di dalam  pikiranmu. Bahkan kita baru mengenal satu sama lain tetapi kau sudah menjadi beban baru untukku." —hlm. 84

Meskipun telah diadopsi oleh orang kaya, punya kehidupan yang nyaman dan pekerjaan yang sudah sesuai dengan impiannya, Han Mi Soo selalu bertekad untuk tetap merawat anak-anak di panti asuhan yang dulu pernah menampungnya. Mi Soo selalu berusaha untuk melindungi dan membahagiakan 6 anak panti yang masih tersisa—mengingat dulu orang tua angkatnya juga donatur di panti asuhan tersebut.

Suatu malam, saat akan mengunjungi panti bersama teman kerjanya menggunakan sepeda motor, Mi Soo dan temannya tidak sengaja menabrak sebuah mobil mewah  yang berhenti di pinggir jalan. Mengingat gaji mereka sebagai seorang chef biasa yang masih tidak seberapa dengan biaya perbaikan mobil, Mi Soo justru mencolok mata Ji Hoon—sang pemilik mobil—dan melarikan diri.

Han Mi Soo yang sudah lama tidak mengunjungi panti, mendapati kenyataan bahwa panti asuhan yang selama ini ia lindungi harus dirobohkan karena pemilik yang sebenarnya telah menjual tanah dan bangunan tersebut. Yang paling parah, pihak yang ditunjuk sebagai pengaca pihak pembeli adalah Choi Ji Hoon—pemilik mobil yang ia tabrak malam sebelumnya.

Mi Soo sebenarnya telah mencoba untuk bernegosiasi dengan Ji Hoon, tapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena tak ingin membebani orang tua angkatnya, Mi Soo berusaha untuk mencari jalan keluarnya sendiri, dan pada akhirnya ia justru meminta bantuan Ji Hoon—setelah ia pernah mengantar Ji Hoon ke rumahnya yang ternyata sangat besar saat ia sedang mabuk.

Kejadian demi kejadian selama Mi Soo, anak-anak panti dan Ji Hoon tinggal satu atap membuat permusuhan dalam diri mereka menjadi sebuah pertemanan. Ketika pertemanan Mi Soo dan Ji Hoon menimbulkan getar-getar cinta, sanggupkah mereka merima kenyataan tersebut? Mengingat Mi Soo yang tak lagi percaya akan adanya cinta setelah kehilangan yang ia alami, juga Ji Hoon yang hanya menganggap cinta adalah sebuah lelucon saja.

***

Ini pertama kalinya aku membaca novel karya Byanca Sastra, dan novel Mr. B vs Miss AB : Reality ini merupakan salah satu novel Blood Type yang diterbitkan oleh Grasindo. Walaupun bahasanya masih kurang mengalir, ide cerita yang diangkat sebenarnya cukup menarik.

Menceritakan tentang Han Mi Soo, cewek bergolongan darah AB yang sangat suka berkomentar, yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi—walaupun terkadang juga pemalu, easy going, penyabar serta mempunyai rasa sosial yang tinggi. Sedangkan Choi Ji Hoon adalah cowok bertipe darah B yang ambisius, individualis, dingin, tapi konsisten dengan apa yang sudah menjadi pilihannya.

Saat membacanya, aku merasa masih banyak kekurangan di novel Reality ini. Seperti pengambilan setting tempat di kota Seoul masih kurang terasa, alurnya yang terasa begitu cepat, karakter dan chemistry yang dibangun kedua tokoh utama pun masih kurang terasa hidup. Adanya beberapa typo pun tak luput dari novel ini.

Tapi meskipun masih banyak kekurangan, novel ini masih bisa menghibur dan cukup menarik untuk dibaca bagi penyuka novel berbau Korea dan yang menyukai bacaan romantis. Aku cukup terkejut saat membaca tentang penulis yang ternyata masih berumur 17 tahun saat menerbitkan novel ini. 

Overall, rating dariku untuk Mi Soo dan Ji Hoon

"Segala yang buruk, segala yang membuatmu selalu sedih dan merasa ketakutan adalah hal yang harus kau lawan. Setidaknya biarkan itu menjadi masa lalumu dan berusahalah agar hal teersebut tidak menghalangimu di masa depan. Lupakan saja. Semua orang berhak untuk bahagia." —hlm. 168

Related Posts

Posting Komentar