Belanja Buku Cepat dan Mudah di Mizanstore

Posting Komentar
Belanja Buku Cepat dan Mudah di Mizanstore
image by pinterest | edited by me
Belanja Buku Cepat dan Mudah di Mizanstore - Dulu—zaman-zaman masih sekolah, aku sering kebingungan ketika ingin membeli sebuah buku bacaan. Tinggal di pinggiran kota kecil dimana toko buku merupakan barang langka, terkadang suka bikin kecewa saat ingin membeli sebuah buku—sekalipun menemukan toko buku, buku yang diinginkan belum tentu ada. Biasanya buku-buku yang dijual di toko buku itu pun judulnya kurang lengkap—bahkan terkadang justru tidak ada atau harus menunggu berbulan-bulan untuk bisa membelinya, karena kebanyakan buku yang dijual adalah buku-buku budidaya tanaman, resep atau buku pelajaran.
Keadaanku yang sebagai penyandang disabilitas pun seakan makin tidak mendukung hobi membacaku, karena aku tidak bisa pergi ke toko buku sendiri untuk memilih bacaan yang aku inginkan. Untuk membeli buku, biasanya aku menitip pada Ibuku atau sepupuku yang kebetulan akan pergi ke kota. Namun acap kali aku harus menelan kekecewaan karena buku yang aku pesan tidak bisa mereka temukan. Atau jika aku minta memilihkan buku yang bagus mereka bingung mana buku yang sesuai dengan seleraku. Akhirnya mereka pun harus pulang dengan tangan kosong.
Hingga kemudian sekitar tahun 2012, aku tanpa sengaja menemukan toko buku online Mizanstore ketika salah seorang penulisyang aku ikuti membuka preorder buku yang ditulisnya di website tersebut. Bagai menemukan sebuah oase di tengah padang pasir, aku sangat bahagia ternyata selama ini ada toko buku yang menjual produknya secara online. Ada diskonnya pula!! (Oke, waktu itu aku kuper banget karena baru tahu adanya sebuah toko buku online -_-)


Tanpa pikir panjang, aku segera memilih dan membeli buku-buku yang saat itu aku inginkan di toko buku online Mizanstore. Karena waktu itu pilihan pembayaran hanya melalui transfer bank, aku pun sekali lagi harus meminta bantuan anggota keluargaku untuk melakukan pembayarannya di salah satu bank di kota. (Yah... karena saat itu aku belum punya nomor rekening ataupun kartu ATM)
Setelah melakukan pembayaran di bank dan konfirmasi di web Mizanstore, yang bisa kulakukan hanyalah menunggu pesananku tiba di rumah. Lantaran kala itu pertama kalinya aku belanja secara online, aku sedikit harap-harap cemas kalau buku yang aku pesan tidak sampai ke rumah. Namun ketika paket bukuku akhirnya datang, aku jadi ketagihan membeli buku secara online.
Sejak itu, aku cukup sering membeli buku di toko buku online Mizanstore, terutama kalau ada diskon tambahan saat ada event-event tertentu.  Dan karena terlalu ketagihan membeli buku di sana, tanpa sadar aku pun sekarang menjadi seorang tsundoku (hohoho).
Walaupun dari tahun ke tahun penampilan web, pilihan pengiriman dan metode pembayaran sering berubah-ubah, belanja buku secara online di Mizanstore tetap menjadi favoritku karena sistemnya yang cepat dan mudah.

Cara belanja buku cepat dan mudah di Mizanstore

1. Pergi ke halaman mizanstore.com 

Bisa melalui laptop maupun smartphone. Dua-duanya sama-sama cepat dan mudah karena caranya tidak jauh berbeda.

2. Ketik judul buku yang ingin dibeli di kotak pencarian dan klik "Beli"

Atau kalau bingung ingin membeli buku apa, di halaman awal Mizanstore terdapat pilihan buku-buku yang sedang dalam masa preorder atau special offer (yang tentu saja ada keuntungan tambahan seperti diskon tambahan atau merchandise tertentu), buku yang baru terbit, atau buku populer yang paling sering dibeli di web Mizanstore.

3. Checkout keranjang setelah selesai memilih buku yang ingin dibeli


Setelah checkout kita akan diarahkan ke halaman metode belanja. Kita bisa belanja sebagai tamu atau sebagai member. Jika kita sudah pernah membeli buku di Mizanstore, kita hanya tinggal login dengan email kita yang sudah terdaftar. Jika belum, klik "Belanja Sebagai Tamu" yang nantinya kita akan diarahkan pada halaman untuk mengisi data sebagai member baru. Jangan lupa mengecek kotak masuk email kita untuk melakukan aktivasi akun.

4. Isi data pembeli dengan lengkap

 

Isi data nama, alamat rumah dan nomor hp kita yang aktif dengan lengkap, agar nantinya kalau kurir kebingungan mencari alamat kita, kita bisa lebih mudah dihubungi. Klik "langkah selanjutnya" di langkah "Informasi Data Pengiriman" jika alamat pengiriman sama. Kalau misal kita ingin menghadiahkan buku pada orang lain, klik pada kotak sebelah kiri "Alamat pengiriman berbeda Dengan pembeli" lalu isi data nama, alamat, dan nomor hp penerima.

5. Pilih metode pengiriman


Saat ini ada dua pilihan metode pengiriman yang ditawarkan oleh Mizanstore, yaitu JNE dan Pos Indonesia. Kalau budget terbatas, tentunya pilih yang lebih murah yaitu Kilat Khusus. Kalau ingin lebih cepat sampai sih pilih JNE Reguler.

6. Pilih metode pembayaran


Sebenarnya di halaman paling bawah web Mizanstore terdapat berbagai macam metode pembayaran yang ditawarkan seperti transfer bank, Master Card, Paypal, t-cash, langsung membayarnya melalui Indomaret untuk yang tidak memiliki rekening bank dan banyak pilihan lainnya. Hanya saja, saat sampai di halaman "Metode Pembayaran" terkadang pilihan-pilihan tersebut tidak muncul—yang pasti selalu ada sih pilihan untuk transfer bank. Mungkin untuk metode pembayaran yang lain sering eror, karena di hari berikutnya saat mau checkout pilihan pembayaran selain transfer bank akan muncul kembali.

7. Lakukan pembayaran dan konfirmasi

Setelah menerima subtotal pesanan, lakukan pembayaran sesuai nominal rupiah yang tertera di nomor invoice kita. Jika sebelumnya kita memilih metode pembayaran melalui transfer bank, kita memang harus melakukan konfirmasi di web setelah mentransfernya. Tapi untuk metode pembayaran yang lain, kita tidak perlu melakukan konfirmasi lagi.

8. Tinggal santai dan tunggu paket datang

Setelah konfirmasi, kita hanya tinggal menunggu paket pesanan kita dikemas lalu dikirim. Kita bisa memantau sendiri paket kita karena setelah pesanan dikirim, Mizanstore juga akan mengirimkan nomor resi ke email kita.
Paket buku dari Mizanstore pun akan selalu rapi karena dibungkus dengan berlapis-lapis bubblewrap. Kita tidak perlu khawatir buku akan lecek atau basah saat dalam perjalanan. Jadi buku kita pasti akan aman saat tiba di rumah.

Sejauh ini, aku selalu puas saat belanja buku di toko buku online Mizanstore. Selain karena cepat dan mudah, jika ada pertanyaan atau keluhan yang ingin disampaikan pun customer service-nya selalu fast respon untuk membantu.
Oh ya, toko buku online Mizanstore memiliki kelebihan-kelebihan dibanding toko buku online lainnya, yaitu:
  • Tampilan halamannya responsible, baik versi web maupun mobile, dua-duanya mudah diakses.
  • Menyediakan berbagai tipe buku, seperti Ebook, POD (Print on Demand) dan Self Publishing.
  • Untuk buku anak-anaknya lengkap dan variatif. Bisa dilihat dari kategori khusus untuk buku anak di halaman muka. 
  • Informasi kontak costumer service jelas dan cepat tanggap saat dihubungi. Kita bisa memilih untuk menghubungi melalui Twitter, Instagram, Line@, Whatsapp, atau langsung melalui fasilitas chat di web Mizanstore.
  • Memiliki blog yang berisi informasi buku rekomendasi dan buku terbaru, informasi tentang dunia literasi, atau informasi tentang even-event yang sedang diadakan oleh Mizan Grup.

Walaupun berkali-kali berbelanja di Mizanstore, terkadang aku merasa ada kekurangan jika berbelanja di sana. Kekurangan di Mizanstore antara lain:
  • Katalog buku-buku dari penerbit selain Mizan Grup kurang lengkap.  Aku harap kedepannya Mizanstore akan segera melengkapi judul-judul buku dari non Mizan Grup, terutama dari Penerbit Haru grup agar jika ingin membli wishlist tidak repot-repot harus ke toko buku online yang lain.
  • Diskonnya terlalu sedikit untuk buku non Mizan—yang rata-rata hanya 10% saja. Aku harap sih diskonnya bisa ditambah (hehe) atau paling tidak dipukul sama rata yaitu 15%.
  • Pilihan transfer bank hanya BCA dan Mandiri. Sebagai orang yang tinggal di daerah pinggiran, pilihan transfer kedua bank tersebut terasa agak membebani karena bank yang merakyat di daerah pedesaan tentu saja adalah BRI. Dan untuk mentransfer biasanya terkena biaya tambahan. Kan sayang banget duitnya, bisa buat tambah-tambah untuk ongkos kirim (hiks). Aku berharap nantinya ada opsi untuk transfer bank melalui BRI. Mungkin memang bisa diakali dengan metode pembayaran melalui Indomaret, tapi sayangnya opsi tersebut terkadang tidak muncul.
  • Hilangnya pembayaran menggunakan PayPal. Beberapa waktu lalu Mizanstore memang menawarkan pembayaran melalui akun PayPal. Sayangnya sekitar setahun terakhir metode pembayaran tersebut sudah tidak ada lagi. Padahal sekarang ini bisa dikatakan tidak ada toko buku online yang menggunakan metode pembayaran tersebut. Aku harap sih suatu saat nanti Mizanstore akan mempertimbangkan untuk menggunakannya kembali. Karena tentu akan menambah poin plus untuk Mizanstore dibandingkan toko buku online yang lain. 

Yup, itulah pengalamanku ketika berbelanja buku di toko buku online Mizanstore.  Cepat, mudah dan tentu memuaskan! Semoga bisa membantu yang lain jika kebingungan untuk membeli buku secara online yang terpecaya. Sekarang nggak perlu repot lagi deh kalau mau beli buku ;)

Related Posts

Posting Komentar