Review "A Little White Lie" Karya Titish A.K.

Posting Komentar
Sekali-kali bohong nggak apa-apa kok. Demi kebaikan.
Rosayuvita, atau biasa dipanggil Ocha, benci banget sama Rakaditya Adi Nugraha—atau Adit. Semua bermula ketika Ocha secara tidak sengaja terkena lemparan bola basket Adit. Bukannya minta maaf, Adit justru marah-marah dengan Ocha. Meskipun cowok itu idola di sekolahnya, sejak kenal Adit, Ocha entah kenapa selalu kena sial, jadi cewek cengeng, malu-maluin, suka bohong, dan doyan melet.

Lalu, Tuhan seperti memberikan jalan pada Ocha untuk balas dendam pada Adit ketika dia secara tidak sengaja menemukan apa yang dianggap harta karun oleh cewek-cewek di sekolahnya: nomer Hp Adit—yang konon katanya susah banget dicari tahu. 

Ocha kemudian ngisengin Adit lewat SMS dengan nama samaran Ayu. Tapi bukannya sukses balas dendam, Ocha jadi tambah pusing karena kebohongan kecil yang dia ciptakan bikin dia suka sama Adit. Sialnya, Adit ternyata naksir Ayu! Dan Ocha nggak mungkin ngaku karena dia benci Adit. 
Yang pertama kali bikin aku tertarik untuk membaca novel ini adalah cover-nya yang mengingatkanku sama ponsel yang pernah aku miliki dulu (yang pernah menjadi ponsel paling nge-hits pada jamannya 😂) 

A Little White Lie merupakan novel teenlit yang sudah mengalami cetak ulang sebanyak 16 kali dan tiga kali pergantian cover. Jujur saja, aku sedikit menyesal saat membacanya, menyesal karena kenapa baru sekarang aku menemukan teenlit sebagus ini dan sukses bikin senyum-senyum sepanjang membacanya. Tapi aku juga senang sih membacanya sekarang, karena bisa bikin nostalgia saat jaman SMA dulu... 😄

Karakterisasinya kuat. Bahasa yang digunakan ringan dan sederhana, membuat pembaca jadi mudah memahami alur ceritanya. Setting dan suasananya juga digambarkan dengan jelas, sehingga pembaca seakan ikut bergabung di dalam cerita Ocha dan Adit.

Penulis sempat mengatakan jika novel ini sempat akan diubah sesuai teknologi perpesanan sekarang sebelum dicetak ulang, tapi untungnya tidak jadi. Karena tentunya kesan nostalgianya akan menghilang, dan Ocha pasti akan lebih cepat ketahuan kalau bohong sama Adit.

Menjelang akhir, cerita memang terkesan seperti buru-buru diselesaikan. Padahal di awal, alur ceritanya lumayan lambat. Tapi suka sekali dengan plot twist di akhir yang tidak tertebak!

×××

Judul : A Little White Lie
Penulis : Titish A.K.
Desain Sampul : Orkha Creative
Penerbit : GPU
Terbit : September 2019 (Cetakan ke-16)
Tebal : 280 hlm.

Related Posts

Posting Komentar