[Book Review] You Really Got Me – Dewie Sekar

Posting Komentar
"Buat apa nunggu, kalau kamu nggak tahu apa yang kamu tunggu? Buat apa nunggu, kalau nggak tahu sampai kapan kudu nunggu? Semua kan ada batasnya, ..." 
Background image by Pinterest | Edited by Petak Imaji 


Sudah hampir setahun Trisna menaruh hati pada Mas Putra, sepupu Lorenzo, sejak temannya semasa kuliah itu pertama kali memperkenalkan mereka. Tetapi perasaan Trisna selalu mendua soal lelaki itu. Di satu sisi Trisna ingin Mas Putra tahu isi hatinya, tapi di sisi lain ia takut jika lelaki itu tahu. 

Sebagai wanita yang cenderung introvert, Trisna ngeri jika membayangkan dirinya berubah jadi cewek agresif yang mengejar-ngejar lelaki yang dicintainya. Bahkan tawaran dari Ranti—sahabat sekaligus rekan bisnis resto gudheg dan ayam goreng yang sedang dijalani keduanya—untuk menjadi makcomblang bagi Trisna, enggan ia terima. Pengalaman masa lalu dan latar belakang Trisna yang kurang menyenangkan, membuatnya selalu menolak usulan Ranti tersebut. 

Namun, sejak dimintai tolong Mas Putra untuk menemani Lorenzo yang terkena kecelakaan, Trisna ingin hubungan mereka berdua berubah. Ia ingin perasaannya berbalas. Bagi Trisna yang sedang jatuh cinta, Mas Putra adalah segala-galanya. 

Ketika Trisna sedang kebingungan mencari cara bagaimana agar perasaannya tersampaikan, ia mendapat info jika Lorenzo ternyata juga menyukainya, bahkan sejak mereka masih kuliah dulu. 
"Laki-laki, kalau serius sama kita, kelihatan kok gelagatnya." 

You Really Got Me merupakan karya pertama penulis yang aku baca. Dan aku merasa sangat beruntung karena gara-gara ikutan Fiksimetropop Reading Challenge jadi bisa menemukan banyak penulis lokal yang ternyata tulisannya sangat menghibur dan enak dibaca. 

Cerita dalam You Really Got Me benar-benar sangat sederhana, yang konfliknya bisa kita temukan di sekitar kita. Cerita hanya berfokus pada cinta Trisna pada Mas Putra. Walau proses hubungan mereka berdua terasa sangat lambat di awal dan terkesan buru-buru di akhir, aku masih tetap bisa menikmatinya. Meski jujur saja, aku sangat menantikan adegan manis antara mereka berdua tapi ternyata sangat minim. 

Dengan menggunakan alur maju mundur, penulis menceritakan masa lalu Trisna yang kelam, dan alasan mengapa ia selalu maju mundur untuk mengungkapkan perasaannya. 

Penggunaan sudut pandang Trisna sebagai orang pertama, memang membuat pembaca jadi lebih memahami kegelisahan-kegelisahan yang ia miliki tentang perasaannya dan bagaimana akhirnya ia bisa berdamai dan menghadapi dengan masa lalunya. Tetapi kekurangannya adalah pembaca jadi kurang bisa memahami perasaan tokoh-tokoh yang lain.

Humor-humor yang diselepkan penulis di dalam benar-benar membuatku terhibur. Beberapa kali aku dibuat senyum-senyum dan ngikik sama tingkah tokoh-tokoh di dalamnya—terutama saat ada Lorenzo. 

Meskipun banyak yang bilang rasa "metropop" dalam buku ini kurang, bagiku, membaca You Really Got Me ini sangat menghibur. Bahkan aku bisa menamatkannya dalam sekali duduk walau sedang kena reading slump. Buku ini merupakan bacaan ringan tentang bagaimana memilih prioritas kita pada orang-orang yang kita sayang.
"Jangan pernah nikah sama laki-laki karena kasihan atau karena kamu nggak tega nolak." 
×××

Judul : You Really Got Me 
Penulis : Dewie Sekar 
Penyunting : Miranda Malonka
Penyelaras Aksara : Wienny Siska
Desain Sampul : Bella Ansori 
Penerbit : GPU 
Terbit : Oktober 2019 
Tebal : 352 hlm. 

Related Posts

Posting Komentar