Inisial K

Posting Komentar
"Heh, jangan pernah menggantungkan diri kepada seseorang. Siapa tahu gue orang jahat yang belum ketahuan?" 
Sumber gambar freepik
Bagi Raka Larasyid, bros berinisial K dengan ujung-ujung menyerupai ranting merupakan petunjuk penting untuk melakukan balas dendamnya. Karena itulah ia akan melakukan segala cara untuk mewujudkannya. Karena bagi Raka, menghancurkan target harus tuntas sampai ke akar-akarnya. 

Bagi Arimbi Kertaraja, menjadi bagian dari keluarga Kertaraja yang terpandang dan kaya raya merupakan sebuah privilege sekaligus kutukan. Seluruh harta kekayaan yang ia miliki seakan tak mampu cinta dan kebahagiaan berpihak padanya. Sejak kepergian Alex lebih dari setahun yang lalu saat acara pertunangan mereka, Arimbi tak lagi percaya dengan cinta. Hingga seorang lelaki misterius muncul dan menerobos kehidupan Arimbi. Sedikit kasar dan menggoda. Yang membuatnya hangat pada mulanya, namun tersimpan ancaman dibaliknya. 

Bagi Valandhara Tasnim, mempunyai hubungan dengan keluarga Kertaraja bukanlah sesuatu yang dia inginkan. Namun sejak kehilangan orangtuanya dalam sebuah kecelakaan saat kecil, Val harus tinggal dengan Arimbi Kertaraja. Sejak kepergian Furin tanpa kabar lebih dari setahun lalu dari hidupnya, membuat Val makin enggan tinggal di keluarga Kertaraja. Tetapi karena hutang budi yang ia rasakan, mau tak mau Val harus menerima semua keputusan yang diambil keluarga Kertaraja. 
"Sayang, hati tidak bisa disuruh-suruh seperti buruh. Hati juga punya kehendak sendiri, juga suara sendiri." 
Sebelumnya, aku berkenalan dengan penulis lewat novelnya yang berjudul A Sky Full of Stars, dan aku cukup menyukai novelnya. Ketika tahu penulis menerbitkan novel metropop, aku jadi penasaran dengan ceritanya. 

Inisial K merupakan debut penulis dalam lini metropop. Menurut penulis sendiri, proses menulis novel ini terbilang memakan waktu yang lama dan bertahun-tahun. Bahkan sempat lama dianggurkan sebelum akhirnya terbit. 

Novel ini terbagi menjadi 3 bagian, yang menceritakan kisah tentang Arimbi, Val dan Raka secara tersendiri. Di bagian pertama menyoroti kisah Arimbi dan Raka, Bagian kedua Val dan Raka, dan bagian ketiga adalah benang merah hubungan ketiganya.

Menggunakan alur maju mundur, sebagian besar cerita berisi flashback. Meski ditulis dengan cukup baik dan dengan pace yang lumayan cepat, agaknya sempat bikin bingung juga saat membacanya karena tidak adanya keterangan waktu saat sedang membahas masa lalu. 

Yang jadi poin plus di novel ini adalah penggunaan sudut pandang si karakter antagonis—bahkan punya bagian yang cukup besar. Karena jarang sekali novel yang mengeksplorasi sudut pandang lengkap dari ketiga tokohnya. 

Secara keseluruhan, meski masih banyak plot yang bisa digali dari cerita Arimbi-Raka-Val di novel ini, membaca Inisial K ini cukup menghibur. Dan walaupun masih banyak kekurangan untuk debutan metropop, aku tetap menantikan karya penulis selanjutnya. (Masih berharap banget penulis mau bikin kisah Rila dari novel A Sky Full of Stars 🙈) 
"Jangan berhenti berjalan, Sayang. Semua peristiwa pasti ada alasannya. Dan Tuhan selalu memberikan jawabannya pada akhir cerita. Kisahmu belum usai, masih ada akhir yang menantimu di sana." 
×××

Identitas Buku

  • Judul : Inisial K
  • Penulis : Nara Lahmusi
  • Penyunting : Tri Saputra Sakti & Irna Permanasari
  • Penyelaras Aksara : Vania Adinda
  • Desain Sampul : VerisStudio
  • Penerbit : GPU
  • Terbit : Mei 2020
  • Tebal : 272 hlm.
  • ISBN : 978-602-06410-0-3

Related Posts

Posting Komentar